|
|
Cara Membuat Daftar Isi (Table Of Contents) Otomatis di
Word - Mempelajari office tidak
bisa di lakukan dengan instant. karena kita tidak bisa menguasai semuanya
dengan sekejap apalagi bagi seorang pemula yang sedang belajar tentunya
membutuhkan waktu.
|
Dari sekian banyak trik office membuat daftar isi ini adalah
salah satu cara yang mudah di lakukan, memang pertama kelihatannya sulit namun
jika mau sedikit belajar kami yakin siapa saja pasti bisa. dalam upaya membantu sobat yang
ingin belajar kami sudah tuliskan artikel ini dengan gambar
sehingga akan lebih mudah dipahami. Office yang sekarang sudah pada versi 2015
yang akan lebih perfect jika di sandingkan dengan windows 10. tentunya di
antara sobat semua masih banyak yang menggunakan office word 2007, 2010, atau
2013, kebetulan disini kami menggunakan office 2013 sebagai bahan tutorial.
Ada point penting Dalam menentukan Daftar isi yaitu kalimat yang akan di jadikan daftar isi dimana setiap kalimat itu harus terlebih dahulu di rubah menjadi heading. maksud heading disini adalah text atau kalimat yang terletak di atas paragraf. Jadi sobat harus menyeleksi text mana saja yang akan dijadikan heading, baru setelah itu fitur pada table of contents akan secara otomatis mengelompokkan heading-heading tersebut menjadi sebuah daftar isi yang berfungsi agar artikel lebih terstruktur dan lebih readable (mudah di baca).
Bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Ms. Word dan 2013 (Word 2007 2010). Buka atau ketiklah sebuah artikel dahulu yang akan ditambahkan daftar isi. bagaimana cara membuat daftar isi dengan titik-titik setelahnya, ini semua office itu mirip entah itu office 2007, office 2010, ataupu 2013 semua menggunakan metode yang sama yaitu menggunakan heading dan table of contents disini kami menggunakan office 2013 sebagai contohnya.
Ada point penting Dalam menentukan Daftar isi yaitu kalimat yang akan di jadikan daftar isi dimana setiap kalimat itu harus terlebih dahulu di rubah menjadi heading. maksud heading disini adalah text atau kalimat yang terletak di atas paragraf. Jadi sobat harus menyeleksi text mana saja yang akan dijadikan heading, baru setelah itu fitur pada table of contents akan secara otomatis mengelompokkan heading-heading tersebut menjadi sebuah daftar isi yang berfungsi agar artikel lebih terstruktur dan lebih readable (mudah di baca).
Bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Ms. Word dan 2013 (Word 2007 2010). Buka atau ketiklah sebuah artikel dahulu yang akan ditambahkan daftar isi. bagaimana cara membuat daftar isi dengan titik-titik setelahnya, ini semua office itu mirip entah itu office 2007, office 2010, ataupu 2013 semua menggunakan metode yang sama yaitu menggunakan heading dan table of contents disini kami menggunakan office 2013 sebagai contohnya.
Berikutnya.Disini sudah membuat sebuah artikel dengan judul
cara membuat blog sebagai judul utamanya kemudian kami ingin menambahkan daftar
isi artikel tersebut.
Cara Pertama adalah memilih setiap kalimat yang akan
dijadikan daftar isi. sebagai contoh disini kami ingin memberikan kalimat cara
membuat blog terbaru sebagai caranya pastikan sobat berada di menu home
lalu pilih pada bagian settingan heading dengan pilihan heading 1
Kemudian selanjutnya kami memilih kalimat lain di bawah
heading 1 yaitu sebagai Heading 2. pada kalimat
dimana saja tempat membuat blog pribadi baru dan gratis itu?
Berikutnya jika memang ada bagian artikel yang masih bisa di
jadikan heading 3 sobat bisa memberikan lagi heading 3
yang letakknya biasanya sesudah heading 2.
Lakukan cara seperti nomer 3 sampai pada nomer 5 ke semua
bagian artikel, disinislah point terpenting dari pembuatan daftar isi yaitu
menjadikan kalimat yang sobat inginkan menjadi Heading 1,
Heading2, Heading 3, heading 4 dan seterusnya.
Sampai disini settingan semua heading sudah selesai,
berikutnya adalah membuat daftar ini pada halaman yang sobat inginkan bisa di
awal makalah atau di akhir makalah. kalau kami memberikan contoh disini adalah
daftar isi yang berada di akhir makalah maka kami klik pada bagian akhir
artikel menu INSERT lalu PAGE BREAK , akan muncul halaman kosong di bagian
akhir.selain pagebreak sobat juga bisa menggunakan ENTER
di bagian akhir artikel.
Setelah itu pastikan sobat memilih bagian REFERENCES kemudian klik pada bagian TABLE OF CONTENT. table of content ini
berfungsi mengumpulkan semua heading yang telah di setting sebelumnya.
Sobat bisa memilih tampilan daftar isinya, setelah muncul
kotak pilihan table of contents, disini kami memilih
OUTOMATIC TABLE 1.
Secara otomatis semua heading yang telah kami buat tadi akan
tersusun menjadi sebuah daftar isi berdasarkan urutan yang sudah kami buat,
disini adalah contoh hasil daftar urutan daftar isi dengan heading yang telah
kami buat.
Berdasarkan urutan pengelompokan heading yang telah kami
buat secara detail akan terlihat seperti gambar daftar isi di bawah ini. sobat
bisa melihat bahwa heading 1 lebih menjorok ke kiri daripada heading 2 atau
3
Daftar isi tersebut masih bisa sobat edit lagi sesuai
keinginan misalkan saja merubah font, merubah kalimat heading, dan merubah
settingan heading.
Semoga Bermanfaat..









Tidak ada komentar:
Posting Komentar